Emang bener banget, menikah itu suatu hal keputusan yang sangat sangat sangat gampang gak besar apalagi susah. Kata orang2 begitu. Apalagi kalau orang2, tetangga2, sodara2 kandung, sepupu2 bahkan ortu sendiri juga udah ngomong, "temen2 kamu yg lebih muda dari kamu udah nikah + udh punya anak 2 ato lebih/masak gak ada yg mau nikah sama kamu apalgi kamu juga gak jelek2 amat masak kalah sama temenmu yg wajahnya biasa2 aja/mau sampai kapan kamu nikah udah gak muda lagi udh umur kepala 3 lebih/mau jadi perawan tua/mau jadi bujang lapuk/gak laku2/apalagi yg kamu tunggu karir udah sukses udah punya rumah udah punya ini punya itu/apalagi emang yg mau ditunggu/pasti pilih2 makanya lama nikahnya/.......
Kalau konteksnya cuman tentang ngomongin acaranya, pesta resepsinya, ijab kobulnya, ketemu pasangan yang mau diajak nikah, bisa punya anak2 yg lucu dan gemesin, supaya gak dibully perawan tua bujang lapuk sama orang2 terdekat maupun orang2 yg jauh orang2 yg gak dikenal, supaya gak sebatang kara, supaya gak nyusahin ortu, ......... pasti menikah pernikahan itu jadi sangat sangat sangat gampang kalau cuman yg kayak tadi aja konteksnya.
Biasanya bahkan sering banget aku temuin kebanyakan semua orang mengartikan tentang pernikahan hanya sesimple semudah itu.
Padahal kan bukan semudah itu karena menikah itu keputussan yang sangat sangat sangat besar & susah banget. Apalagi dalam memilih pasangan bagi laki2 atau perempuan yg bukan hanya milih karna dia cantik, ganteng, baik, temen jalan2, temen tidur, temen berbagi senang duka, .......
Menurutku yg paling penting adalah bisa cari & dapat pasangan yg bisa diajak diskusi kompromi musyawarah yg baik dalam berbagai masalah apapun dalam kehidupan pernikahan nanti. Karna menikah pernikahan adalah perjalanan yg sangat panjang dan untuk seumur hidup. Karna menikah adalah kehidupan sesungguhnya kehidupan yg bener2 baru kehidupan yg bener2 harus bisa mandiri tanpa melibatkan ortu masing2 terus menerus. Karna kehidupan pernikahan harus WAJIB diisi dengan bekal persiapan yg mateng bgt dewasa bgt bijak bgt, BUKAN CUMAN yg HARUS mateng yg dewasa UMURNYA AJA tapi gimana sama KESIAPAN MENTAL, EMOSI, ILMU, WAWASAN, BIJAKSANA, + JADI ORTU KELAK?? Jadi gak bisa sembarang asal milih kalo ada orang yg blum nikah langsung sikat nikahin aja, ya gak kayak gitu.
Siapa sih di dunia ini pengen hidup sendirian selamanya sampai mati gak punya pasangan. Aku juga pengen nikah seperti temen2 ku yg laen yg happy bisa jalan2 ke sana ke sini kuliner ini itu di sini di sana. Tapikan itu tadi nyari + dapat pasangan yg cocok yg bisa diajak diskusi gak gampang dn butuh waktu dimana waktu tiap org2 utk nemu yg meyakinkan juga gak sama beda2 ada yg bentar/ada yg lama bgt.
Tapi menurutku ternyata KESIAPAN MENIKAH yg paliing UTAMA adalah HATI/PERASAAN yg BIJAK MASING2 KEDUA BELAH PIHAK suami & istri maupun keluarga besar masing2 suami & istri. Jangan sampai di masa depan ketika tiba2 harus terpaksa terjadi sesuatu hal apapun itu yg berakibat timbul rasa sedih & sakit hati lalu luka yg teramat dalam dan bgt bgt bgt, hati tidak siap menerima dgn bijak. Misal perceraian atau kematian.
MENIKAH ITU BERPROSES & BELAJAR BELAJAR BELAJAR ~ YG GAK ADA HABIS2NYA YG TAK TERHINGGA. Karna kita benar2 kaget bgt bgt bgt dan baru tau kalo si pasanganku, mertuaku, keluarga besar mertuaku gini gini gini gitu gitu gitu. Jadi karna BARU TAU makanya BELAJAR LAGI LAGI...... ~
Aku pikir menjadi anak yg sangat sangat sangat membanggakan dengan berprestasi bgt karir yg sukses bgt pokoknya apapun lah yg sukses2 sudah bisa bikin ortu senang bgt cukup bgt & bangga bgt. Tapi ternyata TIDAK BUKAN SEMUA ITU yg mereka inginkan. Mereka pengen anaknya menikah diwaktu umur yg pas tidak tua tidak diumur 30 ke atas. Bukannya aku mau menjadi anak yg jahat anak yg super duper egois tidak peduli tidak sayang tidak cinta sm ortu bahkan mungkin durhaka sm ortu. Malah yg ada aku sayang bgt cinta bgt peduli bgt sm ortuku karna aku khawatir bgt SALAH milih pasangan milih orang yg hadir yg hidup yg bergabung yg tinggal yg menetap utk waktu yg lama selamanya bersama keluarga kita.
Ketika ada orang yg memilih untuk jadi single atau tidak menikah, aku akan sangat menghargai dan tidak membully dia. Karna menikah pernikahan itu keputusan yg sangat sangat sangat besar, susah, berat dimana artinya JUGA SAMA beratnya, susahnya memilih utk single/tidak menikah. Utk ortunya pasti pasti pasti berat bgt kecewa bgt sedih bgt bhkan marah bgt dgn keputusan si anak seperti ini. Aku yakin bgt para single juga mikirin kalau nikah nanti daripada ngecewain nyusahin bikin sedih bahkan sakit hati utk pasangannya+anak2nya bahkan 2 ortu sekaligus juga (& keluarga mertua)/mgkn para single gak bisa bertanggungjawab penuh masih setengah2 walopun umur udh tua/tidak yakin dgn diri sendiri/gak bisa jadi pasangan yg bijak ortu yg bijak kelak/.......... maka dgn berat hati bgt mereka milih jalan ini.
Aku bingung bgt dan sebnernya lebih lebih lebih ke marah sebel bgt sih sama omongan orang, "kamu sih salah pilih pasangan hidup salah milih suami salah milih istri makanya baru nikah 2 thn 3 thn cerai atau masak anaknya masih 1 masih umur 3 thn udah cerai atau masak nikah sm tetangga sendiri 1 RT 1 RW 1 KOMPLEK 1 PERUMAHAN 1 KAMPUNG padahal deket bgt jaraknya cerai atau..........." Pokoknya intinya dgn alasan dari omongan orang2 bahkan katanya orang ini bijak dalam masalah2 pernikahan bisa bilang karna "salah pilih pasangan". AKu gak habis pikir seenaknya org2 bilang salah milih, ya walaupun mungkin itu bisa terjadi karna buru2 milih pasangan tapi kan tetap aja pasti banyak juga ketika dia memilih seseorang utk jadi pasangan hidup maka melihatnya dari proses yg panjaaaaaannnnggggg bangeeeeeeetttttt mungkin laamaaaaa bangeeeettttt. Karna pasti pasti pasti yg TERLIHAT SEBELUM menikah ya yg baik2 nya aja dan yg buruk2nya dgn sedemikian rupa ditutupin rapat rapat rapat bgt bgt bgt. Sealim2nya sesaleh2nya sesalehah2nya org jg sama, pinter pinter bgt bgt nyembunyiin jelek2nya demi dapetin pujaan hatinya. Selain itu, si pasangan yg berubah gak sabaran gak tanggungjawab gampang mudah berubah pendirian & keputusan jg, tentu aja banyak faktor2 lain palagi faktor UANG KEUANGAN.
Jadi STOP STOP STOP bilang SALAH PILIH PASANGAN. Mana ada sih orang di dunia ini di bumi ini yg milih suatu keputusan yg hasilnya SALAH bukan benar. Karena ketika seseorang memilih, itu berarti dia tidak akan pernah tau apakah nanti hasilnya SALAH atau BENAR sebelum dia mencobanya. Semua orang di bumi ini juga pengennya menikah 1 kali seumur hidup sampai MATI sampai maut memisahkan.
Janganlah pernah berkomentar salah pilih tapi berikan dukungan psikis mental support yg bijak yg membangun supaya single2 parent atau belum single2 parent KUAT menjalani ujian hidup dan gak menyerah apalgi berbuat NEKAT. BUkannya bikin mereka mati pelan2 bikin sakit gak berdarah karna yg terluka psikis perasaan mental mereka.
Kalau AKU belum bisa dengan penuh untuk sedekah atau membantu orang dalam hal berupa uang/sumbangan sandang pangan NAMUN setidaknya aku bisa dengan penuh sedekah membantu orang dengan berikan support dukungan yg bijak utk mereka yg membutuhkan supaya psikis mental mereka sangat baik2 saja^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar